Pesona Eksotis Candi Prambanan

Pesona-Eksotis-Candi-Prambanan

Selasa, 22 Mei 2012 | 00:22 WIB

Pesona Candi Hindu terbesar di Indonesia Candi Prambanan, dikenal juga sebagai candi Rara Jonggrang, adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, dibangun oleh Rakai Pikatan dari dinasti Sanjaya, pada tahun 850 Masehi. Terletak sekitar 20 km dari Yogyakarta, Prambanan masuk ke dalam UNESCO’s World Heritage Sites, situs-situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Candi-candi di dalam kompleks candi Prambanan dihiasi relief yang naratif, berisi cerita tentang masyarakat pada zaman Hindu. Selain Candi, di dalam kompleks juga terdapat museum Prambanan yang berisi sejumlah penemuan benda bersejarah. Ada 3 Candi utama di halaman utama kompleks Candi Prambahan, yaitu Candi Wisnu,

Candi Brahma, dan Candi Siwa. Ketiga candi tersebut, yang menghadap ke arah Timur, merupakan lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Masing-masing candi utama tersebut memiliki candi pendamping, yaitu Candi Nandini untuk Siwa, Candi Angsa untuk Brahma, dan Candi Garuda untuk Wisnu. Selain candi utama dan pendamping, masih ada lagi sejumlah candi di halaman utama, yaitu 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Selain candi di halaman utama, terdapat 224 candi di halaman kedua. Total candi di kedua halaman Prambanan tersebut mencapai 240 candi. Apa yang menarik dari Prambanan? Kompleks candi dengan bangunan candi utama setinggi 47 meter dan reliefnya yang sangat indah menghadirkan pesona pemandangan yang sangat menarik. Selain itu, Candi Prambanan juga digunakan sebagai latar bagi pertunjukan Sendratari Ramayana.

Legenda cerita Ramayana ini terukir indah pada candi Siwa, yang berada di kompleks Prambanan. Legenda Ramayana mengisahkan tentang perjuangan Rama untuk menyelamatkan Shinta yang diculik oleh Rahwana, raja dari negeri Alengka. Seluruh cerita dikemas dalam rangkaian geratk tari ratusan penari dengan iringan musik gamelan. Selama bulan Mei - Oktober, pertunjukan dilaksanakan di panggung terbuka Ramayana. Sementara bulan November - April, pertunjukan dilakukan di panggung Trimuri. Biaya tiket menonton, yang diselenggarakan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pada pukul 19.30 - 21.30 WIB ini, berkisar Rp. 50.000 - 200.000. per orang. Tertarik untuk datang ke Prambanan? Silakan pilih Candi Prambanan sebagai salah satu tujuan wisata anda dan nikmati pesona keindahan Candi relief hindu yang sangat menarik.