Sensasi dan Pesona Kesejukan Kaliurang

Sensasi-dan-Pesona-Kesejukan-Kaliurang

Selasa, 22 Mei 2012 | 00:36 WIB

Pesona kesejukan alam di kaki Gunung Merapi Bagi sebagian besar orang yang pernah ke Yogyakarta, kaliurang bukan nama asing. Tempat wisata sejuk, dengan sejumlah bungalow dan hotel, merupakan salah satu tujuan wisata ideal bagi yang mendambakan ketenangan dengan latar belakang Gunung Merapi. Kaliurang adalah tempat wisata yang karena terletak di kaki gunung Merapi. Lokasinya yang berada di ketinggian 878 meter dari permukaan laut menjadikan tempat ini terasa sejuk dan tenang. Selain pemandangan Gunung Merapi dan suasana perbukitan sekitarnya yang indah, Kaliurang juga menyimpan catatan sejarah. Disini terdapat sebuah bangunan bersejarah, yaitu Wisma Kaliurang, yang merupakan saksi bisu peristiwa 'Perundingan Kaliurang' antara Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara yang menghasilkan Notulen Kaliurang, pada tanggal 13 Januari 1948. Ada juga sejumlah Goa Jepang bersejarah yang bisa ditemukan di taman wisata Kaliurang. Goa Jepang yang berjumlah 14 pintu ini adalah tempat persembunyian tentara Jepang, yang dibangun oleh para Romusha, selama pendudukan Jepang di Indonesia.

Kawasan Kaliurang juga memiliki museum vulkanik merapi, yang menyajikan segala sesuatu tentang Gunung Merapi, mulai dari proses letusan vulkanik, sejarah letusan, hingga legenda dan mitos mengenai gunung Merapi. Musium yang terletak di Jalan Boyong, Harjobinangun, Pakem Sleman ini, merupakan tempat yang sangat cocok bagi yang ingin mendapatkan pengetahuan mengenai proses vulkanik gunung Merapi. Ada juga pasar yang menjual buah-buahan, sayur mayur, serta cendera mata di Tlogo Putri, yang merupakan gerbang taman wisata Kaliurang.

Keunikan pasar ini adalah hadirnya sejumlah monyet yang bebas berkeliaran dan turun ke kawasan pasar. Pasar Tlogo Putri ini juga terkenal dengan buah manggisnya yang besar dan manis. Sangat menyenangkan bagi penggemar buah manggis. Kaliurang merupakan bagian dari Merapi, yang juga sempat merasakan 'panas dan ganasnya' letusan merapi pada akhir th 2010 lalu. Namun setelah lebih dari 1 (satu) tahun berbenah, Kaliurang telah kembali hadir untuk memberikan pesona ketenangan dan kedamaian alam. Pesona alam nan sejuk dengan nuansa sejarah dan kebudayaan yang berbeda. Tertarik dengan keindahan dan kesejukan suasana Kaliurang? Luangkan waktu setidaknya 1 (satu) hari penuh untuk mendapatkan semuanya.