Eksplorasi Gua Kalisuci

Eksplorasi-Gua-Kalisuci

Rabu, 30 Mei 2012 | 17:31 WIB

Tantangan Jelajah Gua Alam Sekali lagi, Gunung Kidul menghadirkan pesona alam nan eksotis. Banyak tantangan alam yang unik yang bisa ditemui di Gunung Kidul, kabupaten yang dianggap gersang dan sulit air. Salah satunya adalah Gua Kalisuci, suatu gua purba dengan pemandangan alam eksotis di dalamnya. Menelusuri Gua Kalisuci, atau dikenal sebagai cave tubing, harus ditempuh dengan ban renang dan kita akan melalui sejumlah medan arus cukup terjal yang menantang.

Gua kalisuci terletak di Kalisuci, Semanu, Gunung Kidul, tidak jauh dari kota Wonosari. Perjalanan relatif tidak sulit, hanya mendekati lokasi, kita harus melalui jalanan bebatuan. Tiba di lokasi, kita akan mendapati sebuah rumah yang menjadi base camp bagi para petualang gua kalisuci. Terjalnya perjalanan selama menjelajahi gua kalisuci membuat kita harus ditemani dan dibimbing oleh para guide yang sudah berpengalaman. Menelusuri dan menjelajahi sungai yang mengalir melalui gua bawah tanah sepanjang 650 meter di gua kalisuci adalah suatu petualangan dengan tantangan alam yang sangat menarik. Ada 5 (lima) area yang harus dilalui, yaitu Gua Kalisuci, Luweng Gelatik, Gua Gelatik, Luweng Gelung, dan Tracking. Memasuki gua kalisuci, perjalanan awal terasa tenang dan nyaman. Cukup dengan mengikuti arus air, kita bisa menikmati pesona alam gua yang tinggi dengan dinding2nya yang basah karena resapan air.

Perjalanan menjadi menarik saat kita memasuki luweng gelatik, dimana arus air bergerak cepat dan perjalanan berubah seolah olah menjadi rafting. Dengan panduan dan bimbingan guide, perjalanan sulit terasa aman dan nyaman. Di daerah tertentu, suasana gelap 100% akan hadir dan tidak ada sedikitpun cahaya dari luar yang masuk. Pencahayaan dari headlamp yang dibawa oleh pendamping/guide adalah satu satunya penerangan yang membantu menunjukkan arah. Sejumlah stalaktit terlihat di atap gua dan terus meneteskan air. Sejumlah kelelawar juga tampak berada di langit-langit gua. Keindahan gua purba dengan ketinggian sekitar 30 meter dan kesejukan alam di sekitar sungai yang masih sangat alami, seolah tak tersentuh, memberikan nuansa seolah olah kita berada di masa prasejarah. Sangat tenang dengan pemandangan alam gua yang mengagumkan. Membuat kita terasa berada di dunia lain, jauh dari kesibukan kota yang penuh dengan keramaian dan kemacetan.

Tantangan perjalanan gua kalisuci yang memakan waktu 2 jam ini sebenarnya terletak pada 2 (dua) hal, yaitu arus air sungai yang deras di beberapa titik seolah rafting dan tracking setinggi 70 meter dengan bantuan tali. Awalnya terasa sulit, namun setelah menaiki bukit terjal dengan bantuan tali tambang dan panduan guide, tracking merupakan proses yang sangat menyenangkan. Tantangan alam sejati dan saat kita sudah melaluinya, kita merasakan kemenangan dan kepuasan yang sulit terlukiskan. Luar biasa, karunia Tuhan pada alam Indonesia.

Ingin menikmati kenyamanan mengikuti aliran air sungai bawah tanah di dalam gua dan merasakan ketenangan alam seolah di dunia berbeda? Tertantang untuk memasuki gua alam dengan menelusuri sungai deras? Ingin merasakan kegelapan total di dalam gua purba? Gua Kalisuci, gua dengan pemandangan prasejarah, bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Dijamin para pengunjung akan mendapatkan sensasi pengalaman yang unik dan berbeda. Untuk keamanan, diharapkan kita menggunakan sandal gunung, yang akan sangat membantu proses menelusuri tracking. Para guide yang berpengalaman akan membantu kita melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman di gua kalisuci