Pesona Pasar Batik tradisional Beringharjo

Pesona-Pasar-Batik-tradisional-Beringharjo

Rabu, 26 Sepember 2012 | 02:48 WIB

Sensasi berbelanja di Pasar Batik tradisional terlengkap di Yogyakarta Berjalan - jalan ke Malioboro, di sebelah kanan kita akan menemui sebuah pasar tradisional yang telah ada sejak jaman Indonesia belum merdeka. Pasar Beringharjo, yang telah berulangkali dipugar ini, merupakan salah satu urat nadi kehidupan ekonomi masyarakat tradisional kota Yogyakarta. Pasar ini juga dianggap menjadi bagian utama dari pilar Catur Tunggal, yang mencakup bangunan istana Kraton, Alun-Alun Utara tempat berkumpul masyarakat, dan Pasar Beringharjo sebagai penopang kehidupan ekonomi kota Yogyakarta.

Wilayah Pasar Beringharjo pada awalnya adalah hutan beringin. Pada tahun 1758, wilayah ini dijadikan tempat transaksi ekonomi oleh warga Yogyakarta. Pada tahun 1925, wilayah ini mengalami peremajaan dan sebuah bangunan permanen yang menjadi fasilitas perekonomian rakyat ini berdiri. Adapun nama Beringharjo, diberikan oleh Sultan Hamengku Buwono IX, yang berarti wilayah yang semula dipenuhi oleh pohon beringin (bering) diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (harjo) bagi masyarakat Yogyakarta.

Apa yang unik dari pasar ini? Tempat jajanan yang memanjakan lidah, souvenir makanan khas Yogya (brem, bakpia, kue basah, ting ting karamel kacang, dll), dan kain batik katun serta sutera dengan variasi beragam adalah komoditas utama yang menjadi incaran pengunjung. Selain itu, di lantai 2, kita bisa menemui jamu tradisional dengan bahan dasar jamu jawa dan rempah - rempah, seperti kunyit, jahe, dan kayu. Membuat wedang jahe dan temulawak yang nikmat namun segar berasal dari bahan - bahan ini. Di lantai 3, kita bisa menemui barang - barang antik, baik baru maupun bekas. Sejumlah musik klasik, baik piringan hitam maupun kaset, masih tersedia di sini. Bagi kolektor pencinta barang - barang seni, pasar ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. Kejelian memilih dan menawar tentunya sangat diperlukan.

Letih dalam berbelanja? Jangan kawatir, karena sejumlah jajanan pasar menggoda hasrat akan tersedia dalam berbagai macam pilihan dan memanjakan anda. Suasana khas pasar yogya namun bersih akan menjadi tempat belanja yang tak terlupakan. Jangan kaget, bila banyak para pedagang dari negeri Jiran Malaysia yang juga berburu di sini. Juga para ibu - ibu negeri tetangga yang suka berbelanja barang murah ekonomis namun kualitas terjaga.

Anda pencinta wisata belanja? Jangan lewatkan pasar ini untuk memenuhi hasrat belanja anda. Jangan kaget, anda bisa lupa akan waktu. Siap2lah berburu barang2 dagangan unik namun dengan harga pas untuk kantong anda. 



Foto Terkait

Melukis-Batik-@Beringharjo
Melukis Batik @Beringharjo
Pasar-Batik-Beringharjo
Pasar Batik Beringharjo
Batik-modern-@Beringharjo
Batik modern @Beringharjo
Menjajakan-pakaian-@Beringharjo
Menjajakan pakaian @Beringharjo
Beringharjo-@crowd
Beringharjo @crowd