Pesona Senja Parangtritis

Pesona-Senja-Parangtritis

Rabu, 30 Mei 2012 | 19:07 WIB

Pantai bersih dengan suasana senja eksotis Pantai ini terletak kira kira 27 km di selatan Kota Jogja. Bagi yang tidak memiliki kendaraan, jangan kawatir, karena lokasinya relatif mudah dijangkau dengan kendaraan umum yang beroperasi hingga pk. 5 pm. Saat yang dinanti - nanti di sini adalah sore hari, menjelang sang surya terbenam. Pemandangan alam dengan suasana senja terasa sangat eksotis dan membuat kita terbuai. Pantai parangtritis juga terkenal dengan ombak selatannya yang besar dan pasirnya yang bersih. Bagi yang hobi bermain pasir, pantai ini adalah tempat yang sangat cocok. Atau kita juga bisa menelusuri pantai dengan bendi, kereta kuda yang hanya bisa dimuati oleh 2 orang penumpang.

Ingin olah raga sport? Cobalah kendaraan ATV, yg bisa membuat anda memacu adrenalin di pinggir pantai. Sewa ATV berkisar antara Rp. 50 - 100 ribu per setengah jam. Ingin berenang? Meskipun ada lokasi yang memperbolehkan kita untuk berenang, pantai Parangtritis sebenarnya bukan tempat yang direkomendasikan untuk berenang. Ombaknya yang sangat besar berpotensi berbahaya karena sewaktu - waktu dapat menyeret kita ke tengah lautan. Namun jangan kawatir. Bermain air di pinggiran pantai atau berjalan santai menelurusi garis pantai, sambil menikmati pemandangan pantai selatan yang luas dengan ombak yang bergemuruh akan menghadirkan kenyamanan lebih dari sekedar berenang. Ingin menikmati suasana lebih relax? Hadirlah pada saat menjelang senja. Pesona eksotis senja adalah suasana yang tak terlupakan.

Ingin pemandangan yang lebih menarik? Kita bisa naik ke Tebing Gembirawati yang berada di belakang pantai. Dari sini, kita bisa menerawang ke seluruh area Parangtritis. Ada bangunan yang tidak banyak diketahui oleh pengunjung umum di sini, yaitu candi Gambirawati. Untuk mencapai candi ini, kita perlu melalui jalan dekat Hotel Queen of South. Tidak jauh dari sini, kita bisa mendapatkan bangunan candi ini. Tidak ada yang menyangkal bahwa Parangtritis lekat dengan legenda Ratu Nyai Roro Kidul, sang penguasa pantai Selatan. Banyak orang yang masih meyakini bahwa Parangtritis adalah gerbang bagi kerajaan Ratu Kidul pantai Selatan. Oleh karenanya, sangat disarankan agar kita menjaga kata2 kita. Tidak mengeluarkan kata - kata kotor serta tidak menunjukkan arogansi kita terhadap alam. Kebenarannya? Terserah kepada kepercayaan kita masing - masing. Namun yang lebih penting adalah kenyataan bahwa pantai Parangtritis dengan segala penghuni dan tradisinya sudah hadir sejak ratusan tahun yang lampau. Adalah kewajiban bagi kita untuk menghormati kebiasaan dan tradisi spiritual di sana.

Ingin merasakan sensasi bermalam di Pantai Parangtritis? Anda bisa mencoba menikmati suasana malam dengan santai di sejumlah penginapan yang tersebar di pantai. Murah meriah, namun sejuk di hati, khususnya bagi pencinta pantai. Bagi yang ingin menikmati sensasi makanan seafood, anda bisa datang ke pantai depok, tepat persis di samping pantai parangtritis. Sejumlah makanan seafood disajikan di sana dengan harga yang murah meriah. Nikmat, lezat, namun hemat di kantong.

Ingin menikmati suasana senja eksotis di pinggir pantai sambil bersantai dan menikmati semua fasilitas yang tersedia serta seafood nikmat murah meriah? Pantai Parangtritis adalah jawaban yang sangat tepat untuk menjawab kebutuhan dan harapan anda.